Aneka Info yang Bernas, Cerdas dan Terpercaya

Penjualan Komputer di Indonesia Mulai Menurun


Penjualan komputer di Indonesia menurun
Ilustrasi
International Data Corporation (IDC) mencatat bahwa pasar komputer di Indonesia mulai menurun di kuartal kedua tahun 2012 ini.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya angka penurunannya mencapai 6,3%. Namun jika angkanya dibandingkan dengan tahun 2011, penurunannya mencapai 1,3 juta unit komputer atau 3,6%.

Menurut informasi yang dilansir dari Kompas Tekno, penurunannya terjadi pada permintaan Komputer secara komersial yang mencapai 22%, secara keseluruhan.

Adanya penundaan sejumlah proyek di bidang pendidikan juga turut menyumbangkan angka penurunan permintaan terhadap komputer ini. Sedangkan dari sektor swasta kebanyakan adalah karena menunggu penguatan nilai Rupiah terhadap Dollar.

Menurut Deddie Sionader, Analis Pasar Perangkat Klien IDC Indonesia, penurunan angka penjualan komputer ini juga merupakan imbas dari meningkatnya minat konsumen di Indonesia pada smartphone dan tablet. Buktinya adalah dengan semakin tingginya penjualan tablet dan smartphone pada setiap ajang pameran komputer yang digelar di sejumlah kota besar.

Dengan penurunan jumlah penjualan komputer ini, ternyata tetap saja membuat para vendor meningkatkan jajaran produk konsumennya. Jika dibanding dengan tahun lalu, angka penjualan komputer pada kuartal kedua tahun ini ternyata mengalami kenaikan sebesar 5%. Angka ini didukung oleh meningkatnya bisnis online, misalnya melalui penjualan di toko online

Masih menurut data dari IDC, merk Acer merupakan pemimpin pasar komputer Indonesia, dengan diikuti Asus pada posisi kedua. Sedangkan pada posisi ketiga ditempati oleh Toshiba yang pada tahun sebelumnya ditempati oleh HP (Hewlet Packard).
Tag : Teknologi
1 Komentar untuk "Penjualan Komputer di Indonesia Mulai Menurun"

Mampoo yakin strategi Acer yang tidak mematok harga tinggi untuk produknya tetapi memberikan spesifikasi yang bagus untuk setiap produknya adalah kunci utama Acer dalam meraih penjualan tinggi

Back To Top